Ngeblog

Semangat Gotong Royong Masyarakat

02/02/2019
semangat gotong royong

Hidup bermasyarakat sudah menjadi budaya di negara ini. Salah satu budaya yang mengiringi kehidupan bermasyarakat di Indonesia adalah budaya gotong royong. Namun, saat ini sebagian masyarakat sudah mulai meninggalkan budaya tersebut. Padahal, semangat gotong royong masyarakat sangat penting dalam membangun kehidupan sosial yang lebih baik.

Pentingnya Semangat Gotong Rotong Masyarakat

Budaya gotong royong di tengah masyarakat itu sangatlah penting. Hal ini didasari oleh realitas bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri. Melainkan membutuhkan bantuan manusia yang lain. Karena itu, setidaknya ada beberapa alasan yang mendasari pentingnya semangat gotong royong di tengah masyarakat.

  1. Meningkatkan Kepedulian Sosial

Alasan pentingnya semangat gotong royong yang pertama adalah karena gotong royong dapat meningkatkan kepedulian sosial. Tanpa semangat gotong royong yang tinggi, kepedulian manusia terhadap sesama akan kurang. Hal ini banyak terjadi di kalangan masyarakat perkotaan dan beberapa negara yang rakyatnya individualis.

  1. Meringankan Beban dan Pekerjaan

Selain meningkatkan kepedulian sosial, gotong royong juga dapat membantu meringankan beban dan pekerjaan. Baik itu beban dan pekerjaan individu tertentu maupun beban dan pekerjaan kelompok. Hal ini sangat penting karena membantu orang lain di kala kesusahan adalah hal yang sangat penting dilakukan.

  1. Memajukan Kelompok atau Komunitas

Alasan lain yang tidak kalah penting dari adanya semangat gotong royong masyarakat adalah dapat membantu memajukan komunitas dan kelompok. Komunitas yang anggotanya tidak mementingkan komunitas alias mementingkan individu mereka sendiri tidak akan dapat maju. Karena kemajuan dapat diraih dengan adanya kebersamaan dan gotong royong.

Cara Menumbuhkan Budaya Gotong Royong Masyarakat

budaya gotong royong

Semangat untuk hidup gotong royong di masyarakat harus ditumbuhkan sejak dini. Hal ini tidak hanya menjadi tugas perangkat desa dan pemerintah, namun tugas semua komponen masyarakat yang ada di dalamnya. Berikut adalah beberapa cara menumbuhkan budaya serta semangat gotong royong di masyarakat.

  1. Mengadakan Perkumpulan Bersama secara Rutin

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan budaya gotong royong masyarakat adalah dengan mengadakan perkumpulan bersama secara rutin. Perkumpulan dapat dilakukan dengan beberapa bentuk. Misalnya, perkumpulan khusus anak muda, perkumpulan khusus kalangan laki-laki dan khusus untuk perempuan.

Cara ini sangat efektif untuk membangun kebersamaan dan membangkitkan semangat untuk gotong royong. Terlebih biasanya akan menambah suasana kekeluargaan jika diakhiri dengan santap bersama. Hal yang sederhana saja semisal makan dengan menu tempe, tahu dan sayur lodeh. Hmm, nikmat sekali raanya.

  1. Memberikan Wawasan kepada Semua Pemuda untuk Bergerak Bersama

Pelatihan dan perkumpulan anak muda sangatlah penting untuk dikembangkan. Hal ini disebabkan karena hidup matinya budaya Indonesia ada di tangan pemuda. Sehingga, wawasan mengenai kebersamaan dan gotong royong harus ditanamkan sejak dini. Bahkan, ketika masih usia sekolah dasar. Tidak hanya peran guru yang penting untuk mewujudkannya. Namun juga dibutuhkan peran orang tua di rumah.

  1. Saling Mengajak dan Mengingatkan Antar Sesama Masyarakat

Cara lain yang tidak kalah penting dilakukan dalam rangka menumbuhkan semangat gotong royong adalah upaya saling mengajak antar masyarakat untuk ikut gotong royong. Cara ini cukup efektif dilakukan, namun harus tumbuh dari kesadaran bersama agar tidak terjadi salah faham di dalamnya. Jika cara ini dilakukan dengan baik, maka lambat laun budaya gotong royong akan membudaya.

Menumbuhkan budaya semangat gotong royong masyarakat memang bukanlah hal yang mudah. Namun, hal ini dapat dilakukan jika semua komponen masyarakat ikut membantu dan membangun semampunya. Khususnya dalam mengarahkan generasi muda agar memiliki kesadaran yang lebih dalam membangun masyarakat di masa depan.

No Comments

Leave a Reply